Thursday, December 03, 2009

Pameran Pathway di Bangkok, Thailand






25 November 2009, duta besar RI untuk Thailand, Mohammad Hatta, membuka pameran Pathway, di Galeri Nasional Bangkok. Ini adalah program pameran karya koleksi Galeri Nasional Indonesia di Thailand. Ada 18 karya lukis dan grafis yang dibawa dari Indonesia dan digabung dengan 4 karya perupa (koleksi Galeri Nasional) Thailand. Dari Indonesia ada karya S. Soedjojono, Affandi, Mochtar Apin, Soeromo, dan sebaginya.

Setelah melihat keadaan Galeri Nasional Thailand, sebenanya Indonesia bisa sedikit berbangga. Fasilitas gedung Galeri Nasional Indonesia jauh lebih megah, besar dan lengkap ketimbang Thailand. Karya koleksipun juga lebih kaya Indonesia. Namun, soal kebersihan dan perawatanlah yang barangkali Negeri Gajah Putih itu lebih unggul. Ya, ini baru kesan sekilas.

Karya seniman Indonesiapun relatif lebih jauh berkembang dibanding seniman Thailand. Setidaknya penilaian ini terlihat dari karya yang terpampang dalam ruang pameran kemarin. Dan memang dari kecenderungan yang berkembang dewasa ini, nama-nama perupa Indonesia lebih cukup terbilang mengemuka di fora internasional, meski tentu dengan banyak keterbatasan dan beberapa pengecualian. Misalnya, ada nama Rirkrit T, seniman asal Thailand yang banyak muncul di event bergengsi di Barat. Kitapun punya Heri Dono yang telah menjadi seniman kosmopolitan yang hinggap di berbagai event internasional.

Semoga saja pamerna antar-galeri nasional ini mampu punya manfaat yang banyak ke depan. Semoga!