Friday, April 02, 2010

Peluncuran Situs yang Mengintegralkan Seni dan Hidup





Sun 21 Mar 2010
by: Sjifa Amori
MEMBANJIRNYA media informasi alternatif kini semakin diminati masyarakat. Terutama media yang relatif mudah dan murah diakses, misalnya melalui internet. Menyadari pentingnya mengisi peran informasi dalam hal sosialisasi aktivitas kesenian, kini telah lahir dan diluncurkan situs www.indonesiaartnews.or.id.
Situs www.indonesiaartnews.or.id berdiri sejak 4 November 2009, namun secara intensif online dan diakses publik pada 2 Januari 2010. Pengelolaannya dilakukan “bergerilya” oleh pengelola profesional seperti Kuss Indarto (kurator seni rupa), Satmoko Budi Santoso (sastrawan dan penulis seni), Andika Indrayana (desainer grafis), dan Anshor Purnomo (web developer).

Situs ini menyajikan aneka ragam berita seni yang berkaitan dengan seni rupa, seni pertunjukan, seni foto, seni video, film, maupun varian seni lainnya yang memiliki aspek dan “sifat” keindonesiaan. Disajikan dengan cukup kritis melalui upaya investigasi yang memadai, www.indonesiaartnews.or.id diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal percepatan dan pendalaman atas informasi kesenian. Situs ini dilengkapi rubrik telaah seni secara diskursif. Juga membuka diri terhadap peran aktif masyarakat umum untuk berpartisipasi menuliskan informasi seni, berita, resensi buku atau peristiwa seni maupun artikel.

Konsep jurnalisme partisipatoris yang melatarbelakangi pendirian situs ini pun diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi pembentukan apresiasi dan wacana pengetahuan masyarakat madani yang cerdas, kritis, dan analitis. Konsep partisipatoris ini dapat ditengarai dengan memberikan ruang komentar di bagian akhir dari setiap berita atau artikel yang diunggah di situs, sehingga pengunjung situs bisa menambah informasi yang telah dituliskan atau bahkan mengkritik hingga menyanggah berita tersebut.

Hingga saat ini, www.indonesiaartnews.or.id telah melansir puluhan berita dan artikel penting. Di dalamnya juga terdapat agenda acara seni, hingga rubrik “Opportunities” yang berisi informasi mengenai kompetisi atau peluang proyek seni di dalam dan luar negeri yang tentu penting bagi seniman. Semuanya itu bertujuan besar untuk mendekatkan dunia seni sebagai bagian yang integral dari kebutuhan hidup sehari-hari.

Syifa/rilis redaksi indonesiaartnews