Tuesday, January 31, 2017

Kuda


Equus Caballus atau kuda menjadi satwa yang menarik perhatian bagi perupa Operasi Rachman Muchamad. Kuda Sumbawa, kali ini menjadi pilihannya untuk dimuntahkan dalam kanvas. Seperti ada derap kaki dan tubuh kuda yang melesat kencang dalam karya ini, dari arah kiri ke kanan. Namun perupa kelahiran Jember, Jawa Timur ini tidak membuat visualisasi kuda yang rinci dengan penuh kecermatan. Cipratan beragam warna yang kaya dihempaskan (seperti) penuh emosi—dan aristik hasilnya. Ada yang mengotakkan corak karya seperti ini sebagai abstrak figuratif atau abstrak morfik karena seniman menyisakan citra benda atau sosok yang bisa ditemui dalam alam nyata yang rasional. Sementara dalam “Painting Today” (2014), kritikus Tony Godfrey menyebutnya sebagai “ambiguous abstract”. Seniman seolah mencoba mengulang-alik kesadarannya dalam menghadapi subyek karyanya antara kelebat fantasi, sublimasi atas fakta-fakta, atau bangunan “dunia baru” yang datang mengalir dari rasa dan logika seniman.

Karya berukuran 200 x 280 cm ini dieksposisikan dalam pameran seni rupa “Art-Tivities Now” di Breeze Art Space, Green Office Park Sinar Mas Land BD, Tangerang, Banten, yang dibuka pada hari Sabtu, 4 Februari 2017, pukul 18.30 WIB. Pameran dibuka oleh Bapak Sumantri Widagdo, Chairman of the advisory board, Titian Bali Foundation. Pamerannya sendiri berlangsung hingga 5 Maret 2017.
_________
Hari Minggu, 5 Februari 2017, pukul 15.00 WIB ada diskusi seni bertema, “Seni, Penggalian Gagasan, dan Jejaring Kerja”, dengan narasumber: Heri Dono (Yogyakarta) dan Tisna Sanjaya (Bandung), dengan moderator Kuss Indarto.
_________
73 seniman peserta pameran “Art-Tivities Now” adalah:
Agapetus Kristiandana, Agung Mangu Putra, Agus Putu Suyadnya, Agus Triyanto BR, Agustan FDSK, Ahmad Sobirin, Andi Wahono, Anggar Prasetyo, Anthonius Kho, Bambang Pramudiyanto, Budi Kustarto, Dadi Setiadi, Deddy Sufriadi, Dhanoe, Dicky Takndare, Djoeari Soebardja, Edi Sunaryo, Emmy Go, Galuh Tajimela, Gatot Indrajati, Gusmen Heriadi, Heri Dono, Hono Sun, Hudi Alfa, Isa Ansory, Ida Bagus Putu Purwa, Ipong Purnama Sidhi, Jeihan Sukmantoro, Joni Ramlan, Jopram, Justian Jafin Rocx W, Ketut Sugantika, Klowor Waldiyono, Laksmi Sitharesmi, Lenny Ratnasari W, Lugas Sylabus, Made Djirna, Made Sumadiyasa, M. Irfan (Ipan), Made Toris Mahendra, Made Wiradana, Mahdi Abdullah, Manuela Wijayanti, Masagoeng, Melodia, Michael Maxon, Michael Timothy S, Monika Ary Kartika, Nasirun, Ngakan Putu Agus Wijaya, Niko Siswanto, Nisan Kristiyanto, Nyoman Darya, Oktaviyani, Operasi Rachman Muchamad, Putu Adi Gunawan, Putu Sutawijaya, RE Hartanto, Rendra Santana, Rismanto, Robi Fathoni, Ronald Apriyan, Ruayyah Diana, Safrie Effendi, Samuel Indratma, Seno Andrianto, Surya Darma, Suroso Isur, Tiarma Sirait, Tisna Sanjaya, Tommy Wondra, Ugy Sugiarto, Zirwen Hazry

Nonton yuks!