Thursday, March 31, 2016

Mooi Indahnya...


Baiklah, kita berkelebat kembali ke karya jadul, lukisan yang ditengarai sebagai karya mooi Indie atau lukisan yang mengeksploitasi keindahan alam di tanah Hindia Belanda --dan dianggap bertendensi turistik. Banyak dicibir karena membawa nilai-nilai estetik yang rendah.

Setelah lebih dari seabad, karya ini bisa saja membopong nilai dokumentasi yang berharga: tentang arsitektur rumah sebuah kawasan di Jawa Tengah, misalnya. Apapun, Anda bisa menjadi hakim atas karya ini, sebuah karya yang dikreasi dengan teknis ketukangan (craftmanship) tingkat tinggi. Tak perlu menganggap rendah hanya karena ada kata-kata "tukang" atau "ketukangan".

Lukisan yang dibuat tahun 1854 ini menggambarkan suasana kampung di desa Pandean, Magelang, Jawa Tengah (tak jelas persisnya di kecamatan apa). Ukuran karya ini relatif termasuk mungil, yakni berukuran 51,5 x 69,5 cm. Pelukisnya adalah Jacob Dirk van Herwerden (1806-1879), seniman Belgia yang pernah berkunjung ke Nusantara tahun 1823. Lukisan mooi indie yang menarik ini merupakan koleksi James Ryadi dan sekarang berada di Museum Universitas Pelita Harapan, Tangerang. Ya, James Ryadi, "orang kita" yang jadi salah satu sponsor Barrack Obama dalam pemilihan presiden periode pertama dulu. Oh! ***