Piring Asian Games



56 tahun lalu, ya, lebih dari setengah abad lalu, Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan besar olahraga berlevel Asia: "Asian Games" ke-9. Presiden Soekarno memerintahkan membangun sarana pendukung untuk itu, seperti stadion olahraga yang megah. Arsitek Uni Sovyet (sekarang Rusia) merancang stadion tersebut. Stasiun televisi pun dibuat dengan begitu ambisius di tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil.
Asian Games pun akhirnya berlangsung tahun 1962 itu. Indonesia meraih posisi 2 dalam klasemen perolehan medali. Ini pencapaian sekaligus beban sejarah yang berat dan sulit diraih kembali saat ini.

Plate atau piring bewarna dasar pink ini menjadi artifak unik untuk menengok kembali pencapaian yang pernah diraih oleh Soekarno dan bangsa Indonesia saat itu. Piring ini menjadi salah satu bagian dalam etalase dokumentasi yang ada di pameran seni rupa koleksi istana kepresidenan bertajuk kuratorial "Semangat Dunia" di Galeri Nasional Indonesia. Pameran berlangsung anyara 3-31 Agustus 2018.

Asian Games 2018 akan diikuti oleh sekitar 16.000 atlet dari sekitar 54 negara Asia. Hal baik atau buruk, positif atau negatif, yang terjadi di negeri ini selama perhelatan Asian Gsmes, niscaya akan membekas dan diingat begitu lama oleh dunia. Selamat menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik bagi para duta olahraga se-Asia itu!

Popular posts from this blog

Lukisan Order Raden Saleh

Memanah

Apa Itu Maestro?