Friday, December 21, 2007

Ikut Pameran Karikatur



Aku tak tahu secara langsung kalau ternyata jadi salah satu peserta pameran karikatur di gedung Komnas HAM, Jl. Latuharhari 4B Menteng Jakarta Pusat, antara Selasa-Jumat, 4-7 Desember 2007 yang lalu. Event itu adalah bagian dari acara peringatan HAri HAM, 10 Desember. Temanya kurang lebih tentang "Stop, Kekerasan terhadap Anak-anak".

Karyaku ada di antara 60 karya yang dianggap terbaik dalam Lomba Karikatur HAM yang diadakan beberapa waktu sebelumnya. Ya, sayang gak juara atau masuk 5 Besar, tapi cuma bisa masuk 60 Besar, hehehe! Lumayanlah, setidaknya bisa ikut dilihat oleh publik. Apalagi aku juga sudah lama tak menggambar. Karya itu, yang terpampang di atas, kubuat di sela-sela kesibukanku urus ini-itu akhir2 ini. Selesai dalam dua hari, tentu disambi macam-macam, dan kukirimkan sehari sebelum batas akhir pengiriman. Biasa, penyakit lama, kalau belum deadline ya belum dikerjain!

Kukira hasilnya lumayan. Ini kalau alat ukurnya dari penilaian dewan juri yang antara lain karikaturis senior Pramono, sosiolog Dr. Imam Prasodjo, ahli komunikasi Dr. Effendi Ghozali, dan anggota Komhnas HAM Asmara Nababan. Tercatat ada 278 karya yang masuk. Setidaknya tanganku masih bisa nggambar, otakku masih punya ide, dan karyaku itu bisa menyingkirkan 218 karya lain. Setidaknya buat nambah-nambah cv... :-))

No comments: