Thursday, July 02, 2015

Mural di Stasiun Bratislava


Dari catatan sejarah, stasiun kereta api Bratislava Hlavná Stanicá di Slovakia resmi dibuka mulai 20 Agustus 1848. Pemugaran besar dilakukan tahun 1850, dan 1988--saat-saat terakhir sebelum Cekoslovakia bubar tahun 1992, terbelah menjadi dua republik, Ceko dan Slovakia.

Mural atau lukisan dinding menjadi bagian interior dari stasiun Bratislava ini sejak tahun 1960. Sayang tak begitu jelas siapa seniman pembuatnya. Sementara ini belum kutemukan situs yang membahas ihwal karya tersebut. Namun, dugaan yang bisa dikaitkan dengan tradisi "seni rupa propaganda" yang terjadi di negara-negara Blok Komunis dengan Uni Soviet sebagai patron utamanya, dan negara-negara Eropa Timur yang berperan menjadi satelit dan subordinatnya. Tradisi membuat lukisan dinding sudah cukup lama di Eropa Timur, dan makin menemukan muaranya ketika di Polandia, tahun 1950 didirikan Polish Poster School. Ini makin menguatkan tradisi estetika poster dan dinding karena dalam kurikulumnya menjadikan dinding sebagai salah satu subyek dalam praktik estetika.

Mural di stasiun Bratislava kukira tak lepas dari arus besar estetika dinding dan poster yang berkembang pesat di negara tetangganya, Polandia, serta arus besar ideologi komunis yang ingin terus mendistribusikan gagasan politiknya di semua lini, di segala jejaring masyarakatnya--antara lain lewat seni. Dan stasiun kereta api adalah salah satu subyeknya.

Secara visual, mural di stasiun ini kurang bisa aku pahami. Lagi-lagi hanya bisa menduga. Tema tentang rasionalitas atau pencerahan lewat ilmu pengetahuan tampaknya menjadi gagasan dasar karya ini. Tampak ada citra tentang roket yang siap meluncur, atau beberapa sosok membawa buku. Cecitraan tersebut seperti mengarahkan pada sebuah kemungkinan bahwa dunia ilmu pengetahuan begitu penting sehingga bisa membuat orang bergerak, "move on", seperti tiga sosok yang bergerak si sebelah (paling) kiri, meninggalkan satu orang yang terduduk di tempat. Entahlah. Selamat berpuasa, bebaskan imajinasimu!