Thursday, July 09, 2015

Promo Awal



SAKING banyaknya karya seni rupa yang menyerbu memori hari itu, 16 Juni 2015, aku lupa nama seniman yang karya lukis abstraknya terpampang angkuh ini. Seingatku, kalau tak salah, lukisan ini dibuat oleh salah satu pelopor seni lukis abstrak Austria di dekade 1960-an.

Tapi hal yang menggangguku ketika masuk di ruangan ini (juga beberapa ruangan lain) adalah tergeletaknya beberapa kertas seukuran folio di lantai kayu. Kertas itu yersimpan dalam sampul plastik bening yang rapi. Kuamati, di sana ada foto karya seniman legendaris Austria (yang mati muda), Egon Schiele (1890-1918).

Menurut salah satu petugas yang kutanyai, lembar-lembar kertas itu adalah bagian dari promosi awal atas pameran berikutnya yang akan berlangsung di situ, di Museum Albertina, Vienna/Wina, Austria. Bahkan tata letak karya yang akan dipamerkan pun sudah disusun jauh-jauh hari. Jadi, foto karya yang ada dalam lembar kertas di lantai itu, kelak beberapa minggu lagi, karya aslinya ya akan didisplai di tembok di atasnya.

Kukira, ini bentuk promosi awal yang unik. Memang cukup mengganggu peletakannnya. Dan itu "meneror" pengunjung hingga jadi penasaran--seperti saya. Hanya sayang aku belum cukup punya uang untuk bisa datang ke museum itu beberapa pekan ke depan. Kecuali ada keajaiban. Siapa tahu, hahaha! Oh, Egon Schiele! ***