Saturday, April 16, 2016

Patung József di Ruang Publik

Aku dan Moosa Omar, seniman asal Oman, di Kaposvar, Hongaria, Juni 2015.

Di kota kecil Kaposvar, sekitar 187 km ke arah barat daya ibukota Hongaria, Budapest, saya menghirup suasana kota lama Eropa Timur yang khas: bangunan kuno, beberapa moda transportasi tinggalan zaman komunis, dan penduduk yang tak banyak. Kota yang tertib, bersih, namun sepi karena sedikit penduduk.
Di salah satu plaza kota kujumpai sebuah patung sosok laki-laki mengendarai kereta mungil yang ditarik oleh keledai. Kenapa sih bentuk patungnya seperti ini? Mengapa memfigurkan bapak tua ini? Aku cek di sekujur tubuh karya patung berbahan perunggu ini. Ah, kutemui secuil keterangan yang membantu. Ternyata sosok ini adalah: József Rippl-Rónai (23 May 1861-25 November 1927). József adalah seniman besar Hungaria di abad 19 yang asli kelahiran Kaposvar. Rumah dan studionya yang asri di pinggiran kota Kaposvar bahkan masih ada, dirawat, dan kini dijadikan museum. Sedang sebagian besar karya-karya seni József disimpan di Galeri Nasional Hungaria di Budapest, selain juga di museum lain di beberapa kota di Eropa.
Menarik sekali bahwa karya patung di luar ruang ini tidak hadir secara ahistoris, namun ada kaitan yang erat dengan narasi sejarah lingkungannya. Ada konsep mendalam yang dipertimbangkan ketika membuatnya, termasuk karakter cikar atau gerobak yang khas Hungaria. Ini, saya kira, memperkuat watak kota Kaposvar yang menjadi berbeda dibanding kota lain di sekitarnya, seperti Nagykanisza, Siofok, Szeged, dan lainnya. Kukira, hai Seniman, Anda bisa meniru sesuatu yang baik seperti ini. Hepi wiken!
I am standing there with my Oman's friend, Moosa Omar