Wednesday, June 06, 2007

Taman di Monas






Wuih, ini lanskap yang kutangkap sebulan lalu dari ketinggian "atap" Monas (Monumen Nasional). Ya, sekitar 135 meter dari tanah. Titik penting yang kutangkap adalah jalinan taman yang kini dibangun di empat sisi pelataran dalam Monas. Conblock tak lagi polos, tapi ada sentuhan artistik dengan diisi taman. Belum tuntas sih ketika kupotret, tapi cukup memberi nilai beda ketimbang sebelumnya. Ada detil ornamen pada tekstur tanah di tiap lahan taman yang belum tergarap. Konsepnya sih mencoba mengeksplorasi elemen tradisi dan lokalitas yang diaplikasikan dalam taman dan tanaman.

Kebetulan yang menggarap proyek taman itu adalah temanku, Mas Handoyo (lembaganya Rumah Seni namanya), yang dibiayai penuh oleh Gudang Garam. Menariknya, GG tak akan branding secuilpun di lokasi itu. Yah, proyek (ekonomi-)politik kukira, untuk menangguk keuntungan yang lebih besar selepas proyek itu selesai. Harga proyek itu menggiurkan juga, apalagi kalau dibanding dengan kaplingnya yang tak terlalu besar. Mas Handoyo sempat keceplosan (tapi aku juga belum yakin itu benar atau enggak) kalau harga proyek itu 20 miliar. Waow! Bahkan dia sempat banyak cerita tentang angka-angka dengan cukup detil ketika aku ngobrol dengannya di barak sekaligus kantor sementaranya yang panas di lokasi proyek itu. Kesimpulan sementaraku, dalam setahun penggarapan proyel itu, dia bisa menangguk keuntungan bersih antara 2-3 miliar.

Hmm, angka besar yang tak perlu bikin iri. Bukan apa-apa, karena kukira dia pekerja keras yang ulet, gigih meski, ckckck, dia hanya lulusan SMA. Inilah nilai lebih dia yang punya kemampuan lobbying bagus, akses yang luas, dan tentu intuisi sebagai enterpreneur yang brilian. Makanya panteslah dia dapat ganjaran angka-angka besar seperti itu

Yah, kita lihat aja proyeknya sekarang untuk menggenapi bahwa Monas yang dibangun oleh Soedarsono dan Frederich Silaban dengan konsultan Ir. Rooseno mulai Agustus 1959 dan diresmikan 17 Agustus 1961 oleh Soekarno. Moga2 bagus, dan selesai tepat waktu, karena di Monaslah lokasi upacara 17-an tingkat kenegaraan akan berlangsung di tahun 2007 ini.

Proficiat, proficiat, Mas Handoyo!

2 comments:

Visien said...

astagaaah!!! gilak keren abiss!

kuss-indarto said...

tengkyuh ya. coba deh dateng. tapi jgn pacaran di taman2 di pinggir monas. banyak copet hehe...