Tuesday, November 14, 2006

Aku Datang, Aku Senang2, Aku Girang

Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara bekerjasama dengan para seniman alumni Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta akan mengadakan perhelatan Melukis Lagi di Gampingan, Minggu 19 November 2006 mendatang. Acara akan berlangsung sehari penuh, mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 WIB bertempat di bekas kampus STSRI Asri atau Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, di bilangan Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta (belakang pasar Serangan, Wirobrajan). Perhelatan ini dihasratkan sebagai forum komunikasi antar seniman seni rupa di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, sekaligus sebagai upaya sosialisasi atas rencana pembangunan Jogja National Museum.

Acara melukis bersama ini tidak sekadar merawat semangat romantisme atas keberadaan (bekas) kampus seni rupa tertua di Indonesia itu, tetapi juga dimaksudkan sebagai "pintu masukâ" bagi upaya mewacanakan lebih lanjut gagasan berdirinya Jogja National Museum. Oleh karenanya, acara ini tidak ditendensikan sebagai perhelatan yang bersifat internal, tetapi terbuka seluas-luasnya bagi publik seni rupa di Yogyakarta, bahkan Indonesia, untuk terlibat di dalamnya. Mereka yang berminat untuk terlibat sebagai peserta tidak harus alumni STSRI Asri atau FSR ISI Yogyakarta, atau seniman di Yogyakarta saja. Melainkan terbuka juga kemungkinannnya bagi para seniman di kota lain atau anak-anak untuk menjadi peserta, sejauh telah memiliki pengalaman dan ketertarikan terhadap seni rupa.

Kalimat "Melukis Lagi di Gampingan" sebenarnya berposisi sebagai tag-line semata, karena dalam praktiknya nanti panitia tidak menutup kemungkinan untuk menerima peserta yang akan menampilkan bentuk kreasi beragam. Misalnya performance art, bikin video art, baca puisi, mengeksposisikan happening art, memajang seni instalasi, environmental art, dan sebagainya.

Panitia memperkirakan acara ini akan melibatkan sedikitnya 300 peserta. Sejauh ini, panitia telah mendapatkan dukungan dari banyak seniman profesional untuk terlibat dalam acara melukis bersama ini. Di antaranya adalah pelukis Djoko Pekik, Nasirun, Pupuk Daru Purnomo, Bambang "Benk" Pramudyanto yang telah membangun reputasi di Yogyakarta. Juga beberapa seniman dari luar Yogyakarta yang telah memiliki reputasi bersedia untuk terlibat, seperti Hanafi, Hardi (Jakarta), Bonyong Munni Ardhi (Solo), Nyoman Gunarsa dan Made Wianta (Bali), Ivan Hariyanto (Surabaya), Tisna Sanjaya dan Arahmaiani (Bandung), dan masih banyak lagi.

Sebagai kelanjutan acara melukis bersama, direncanakan hasil karya lukis tersebut akan dipamerkan secara kolektif di bekas kampus Gampingan. Pameran itu ditendensikan sebagai bentuk fund raising atau penggalangan dana, sehingga diharapkan kepada seniman peserta untuk mendonasikan sebagian hasil penjualan karya sesuai kesepakan dengan panitia.

Untuk rencana perhelatan ini, panitia mengundang para seniman untuk bergabung menjadi peserta acara tersebut dan para pecinta seni dapat ikut mengunjunginya. Untuk keterangan lebih lanjut bisa kontak via telepon atau faksimili ke Arini (0274-419370/ 0811267736), Tere (08562870229), dan Janu (08157974359). Atau bisa lewat email rj_katamsi@yahoo. com, ndalemwironegaran@ yahoo.com. Bisa bisa dilihat detilnya di www.gampingan- site.blogspot. com atau www.gampingansite. multiply. com

Penanggungjawab: KPH Wironegoro a.k.a. Mas Nico
Ketua Umum: Yuswantoro Adi
Koordinator Pelaksana: Kuss Indarto
Divisi Acara: Iwan Wijono
Divisi Properti: Satya Bramantyo
Divisi Media: Janu Satmoko
Divisi Humas: Tere

No comments: